Pages

Subscribe:

Minggu, 27 November 2011

Peradaban yang hilang

Ada banyak hal di muka bumi ini yang sangat menarik bahkan menakjubkan.Hal menarik kali ini adalah tentang hilangnya peradaban-peradaban kuno.Peradaban-peradaban inilah yang dahulunya sebagai penanda berkembangnya kehidupan manusia dari masa ke masa.Tapi peradaban-peradaban tersebut hilang secara misterius dan menjadikannya sebagai sejarah .Dan ini lah Peradaban yang hilang tersebut..


1.Aksumite

Aksunite adalah peradaban yang hilang yang berasal dari Afrika tepatnya di daerah Ethiopia. Hasil utama ekspor budaya ini adalah gading dan menurut penelitian peradaban ini berhasil menciptakan mata uang sendiri.Sampai akhirnya peradaban ini menghilang secara misterius yang menurut hasil penelitian bahwa kehilangan peradaban ini karena adanya seorang Ratu penguasa yang berhasil mengalahkan bangsa yang dihuni oleh peradaban Aksinute.

2.Cucuteni Trypillian

                Peradaban Cucuteni atau dikenal dengan Rusia Tripoli.Peradaban ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu setiap 60-80 tahun sekali harus membakar rumah seluruh desa dan kemudian membangunnya kembali secara bergotong-royong.Keunikan lain dari bangsa ini adalah perempuan lah yang menjadi kepala keluarga yang bertugas mencari nafkah, sementara suami hanya bertugas mengurusi anak dan lain hal sebagainya.Peradaban ini pun menghilang yang konon katanya ditaklukkan oleh bangsa dari budaya purgan yang suka berperang.


3.Mycenaeans

                Peradaban mycenaeans adalah bangsa yang berkembang atau berasal dari Yunani Selatan.Peradaban ini tidak diketahui secara pasti menghilang , namun ada teori yang mengatakan bahwa adanya kerusuhan antara kelas petani dan penguasa yang menyebabkan bangsa ini menghilang.




4.Minoas
                Peradaban minoas juga berasal dari Yunani.Satu-satu peninggalan budaya/peradaban ini adalah Istana.Penyebab peradaban ini menghilang belum begitu diketahui secara pasti, akan tetapi sebagian dari hasil penelitian, bangsa ini menghilang disebabkan oleh gunung meletus.







5.Puebloans Olmec
                Peradaban ini adalah masternya pembangunan. Peradaban ini sangat terkenal di Amerika.Penyebab kehilangan peradaban ini adalah karena diserang oleh bangsa lain yang belum di ketahui secara pasti oleh peneliti.







6.Anasazi
                Peradaban ini adalah asli Amerika yang tepatnya muncul di Meksiko Arizona.Keunikan dari peradaban ini adalah penduduk asli anasazi  tinggal di lubang-lubang yang mereka buat sendiri sebagai rumah (tempat berlindung).Penduduk anasazi menggantungkan hidupnya dengan bercocok tanam dengan teknik holticultura.Penduduk ini pun akhirnya meninggalkan rumah-rumah lubang mereka disebabkan antara lain pertanian yang memburuk/perubahan iklim/konfilik kekerasan antar suku/dan gunung meletus.




7.Lembah indus/Harata
                Peradaban ini dihuni sekitar 7000 tahun sebelum Masehi.Peradaban ini sulit diteliti secara pasti karena bahasa mereka yang sulit dimengerti.Mereka memiliki pemerintah yang bersatu dan memiliki kelas yang merata.Penyebab hilangnya peradaban ini disebabkan adanya sekelompok masyarakat yang tidak bisa menerima lingkungan dan ada juga pendapat dari sebagian peneliti penyebab dari hilangnya peradaban ini karena di serang oleh Bangsa Ariya.




Dan itulah peradaban-peradaban bagian dari sejarah yang sebaiknya jangan dilupakan, karena peradaban-peradaban inilah yang menjadikan atau penanda berkembangnya kehidupan manusia dari masa ke masa.




Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar