Pages

Subscribe:

Selasa, 15 November 2011

Bully Phobia

Pertama kita harus tahu arti sebenarnya dari Phobia itu ,  Phobia adalah suatu ketakutan yang luar biasa terhadap sesuatu yang telah mengakar di pikiran seseorang, bukan hanya disebabkan oleh trauma tetapi juga disebabkan oleh memang dari bawaan seseorang itu lahir. Phobia ini menimbulkan sikap gelisah yang amat luar biasa bagi pengidapnya dan ketakutan yang luar biasa pula.


Ada beberapa macam kategori phobia yang saya ketahui , antara lain:
v  -Ketakutan terhadap hewan atau serangga-serangga kecil
v  -Ketakutan saat berada di dekat dengan bangunan yang menjulang tinggi
v  -Ketakutan terhadap ruangan yang berbentuk labirin atau semacamnya
v  -Ketakutan terhadap jarum suntik
v  -Ketakutan terhadap kematian
v  -Dan bahkan ada ketakutan untuk masuk ke sekolah (Bully Phobia) atau school bullying dan banyak lainnya

Nah ini lah topik yang kita bahas kali ini, yaitu BULLY PHOBIA.  Penyakit ini dapat hampir menggandrungi semua pelajar di hampir seluruh dia. Perasaan takut ini dapat menghampiri orang/pelajar yang bermental lemah.
Kekerasan di sekolah sangat sering terjadi , tidak ketatnya pengawasan pihak sekolah pun menjadi salah satu faktor Bullying .  Bullying adalah penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang maupun kelompok, perilaku mengancam, menindas dan membuat perasaan orang lain tidak nyaman.  Dan itu dilakukan berulang-ulang kali karena tidak adanya perlawanan dari seseorang yang terkena Bullying dan menyebabkan si korban takut untuk ke sekolah (takut melapor) karena takut terkena kekerasan yang lebih parah dan tentu saja ini dapat mempengaruhi psikologis seseorang.

Beberapa contoh perilaku Bullying yaitu:
1.   1.Secara langsung memeksa dengan cara menendang, menjambak, dan menampar.
2.   2.Dengan cara mengancam dan mempermalukan.
3.   3.Melirik dengan sinis.
4.   4. Mengucilkan seseorang dari kelompoknya.
5.   5. Mengirimkan ancaman kepada korban.

Biasanya bullying ini terjadi saat Masa Orientasi Siswa di gelar, dan senior adalah kemungkinan pelaku utama. Dan tidak semua orang yang terkena bullying akan menjadi pendukung bullying (niat balas dendam) kepada junior selanjutnya.

Publik Figur Hollywood seperti nama-nama besar Robert Pattinson dan Jessica Alba juga pernah BULLY PHOBIA.
Robert Pattison pada masa sekolahnya pernah takut untuk masuk sekolah karena adanya kelompok yang berkuasa di sekolahnya dan pernah mengurung nya ke dalam loker sekolah. Hal tersebut sangat mengerikan dan tentunya siapa saja yang diperlakukan seperti itu pasti akan takut untuk pergi ke sekolah (diluar keberanian kita untuk melapor kepada pihak yang berwajib). Begitu juga dengan Jessica Alba , dia pernah punya perasaan ketakutan yang amat luar biasa untuk pergi ke sekolah, dan pernah dipukuli oleh Ayahnya karena ketahuan tidak pergi ke sekolah didasari oleh perasaan takut.







Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar