Pages

Subscribe:

Sabtu, 10 Desember 2011

Hal-hal yang ditanyakan oleh bayi

Para ilmuwan dahulunya berpendapat bahwa tidak mungkin mengetahui kemampuan anak di dalam rahim.Kesulitan-kesulitan sering terjadi pada orang tua untuk memahami maksud perilaku bayi.Apalagi untuk mengetahui perkembangan si bayi semasa di dalam rahim,pasti sulit bahkan mustahil.Alat ultrasound contohnya yang telah ditemukan membuat kita dapat tahu perkembangan gerakan dan pola tidur si kecil di dalam rahim sang ibu.
Kemudian setelah bayi tersebut baru lahir cara lain yang dipergunakan adalah "mengukur waktu untuk mengamati".Contohnya dengan memperlihatkan kepada bayi yang baru lahir, dua macam gambar dengan jarak yang cukup dekat dengannya sehingga ia dapat mengamati gambar tersebut yaitu:
1.Gambar pertama adalah gambar yang menyerupai wajah, yaitu gambar yang terdiri dari dua buah lingkaran yang menggambarkan dua buah mata serta menggambarkan daerah hidung atau mulut.
2.Gambar yang kedua adalah gambar yang sama tapi diperlihatkan secara terbalik agar terdapat sebuah rasa ketertarikan dari si bayi.

Nah berikut pertanyaan-pertanyaan bayi semasa di dalam kandungan dan pasca diluar kandungan.
Ada satu jenis suara special yang sering aku dengar.Suara tersebut memiliki pola dan irama yang menarik.Walaupum aku tidak terlalu yakin alasannya, aku lebih menyukai suara tersebut dibandingkan dengan suara lain yang kudengar.Haii, apakah ada orang lain bersamaku disini ?
Hai sayang ini adalah suara ibumu.. 

Suatu hari ketika aku sedang menikmati pembicaraan ibuku, aku mendengar suara yang sama sekali asing.Suara-suara tersebut terdengar aneh.Namun, suara itu tetap suara ibuku.Apakah ada hal yang belum aku ketahui tentang hal ini ?
Apa yang kamu dengar itu adalah suara ibumu yang sedang berbicara dengan orang lain.

Aku menyukai lagu ini.Membuatku rileks.Apa yang membuat musik ini terdengar begitu indah ?
Jangan terburu-buru memilih jenis musik kesukaanmu sayang.Ada begitu banyak nada yang indah.Kesukaanmu akan music Bach dibandingkan grup musik the Beatles terutama dikarenakan kamu dapat mendengar musik klasik dengan lebih jelas dibandingkan musik pop yang secara bersama-sama dengan banyak suara lainnya.

Apakah ada yang bisa aku jadikan mainan didalam sini ?
Kadang saat aku tidur, aku menghisap jariku, Kenapa aku senang menghisapnya ?
Apa yang kamu lakukan adalah hal yang normal dan merupakan bagian penting dalam pertumbuhan.Keinginan untuk menaruh sesuatu di dalam mulut lalu menghisapnya kuat-kuat merupakan sikap refleks menghisap.
*beberapa lama setelah bayi keluar dari rahim dia akan tetap menghisap jari tangannya /ibu jemarinya. 
Kadang ketika aku sedang menggerakkan kakiku, aku menendang sesuatu yang balas menendangku atau aku terpaksa harus mengubah posisiku ketika benda tersebut bergerak dan menekanku.Apakah aku mempunyai teman sekamar ?
Benar, kamu memiliki teman sekamar.Ia adalah kembaranmu.Kalian berada di rahim ibu sampai kalian dilahirkan.
*bayi kembar bersaing untuk mendapatkan makanan dan ruan bergerak saat tumbuh bersama di dalam rahim.Ketika salah satu mengubah posisinya, kembaran harus menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut.
Lalu pertanyaan lagi muncul ketika bayi lahir
Bagaimana rasanya dilahirkan ?
Aku tidak yakin apakah aku masih tetap muat di dalam sini lebih lama lagi.Jadi ku memutuskan untuk bersiap-siap meninggalkan tempat ini. (masih bertanya)
Ketika tiba waktumu untuk muncul ke dunia, tubuhmu akan memberikan tanda khusus ke tubuh ibumu.Itu memang sudah waktunya kamu melihat dunia dan merasakan petualangan hidupmu selanjutnya.

Memahami Bahasa
Bagaimana aku dapat berkomunikasi tanpa berbicara ?
Aku baru saja menemukan sesuatu yang menarik.Jika aku menangis cukup keras, ibuku akan datang dan menggendongku.Tampaknya itu adalah cara yang baik untuk mendapatkan perhatiannya.Tapi bagaimana mungkin dia mengetahui apa yang aku inginkan setiap kali aku menangis, padahal aku tidak dapat berbicara ?
Menangis sepertinya hanya membuat keributan saja dan bukanlah cara yang pintar dibandingkan dengan berbicara.Namun itu adalah cara berkomunikasimu  untuk pertama kalinya.

Aku sudah memiliki keahlian yang membuat setiap orang memberikan perhatian kepadaku.Tetapi ketika aku mendengar ayah membuat bunyi lucu, bunyi tersebut juga keluar dari mulutku saat aku tersenyum.Bunyi apakah itu ? Mengapa aku tidak bisa mengontrolnya ?
Kamu sedang tertawa , dan itu adalah hal yang menyenangkan.

Belajar menggunakan tangan
Aku punya kebiasaan mengayunkan lengan pada benda yang tampak di depankku.Walaupun demikian, aku tidak dapat benar-benar menjangkau benda itu.Hal aneh apa itu yang sedang aku lakukan ?
Yang kamu lakukan adalah bentuk gerakan sebelum benar-benar dapat menjangkau.

Begitulah kurang lebih pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh bayi anda ketika didalam kandungan dan diluar kandungan.Apabila buah hati anda agak rewel jangan pernah menimbulkan sikap marah kepadanya, percayalah seiring dengan berjalannya waktu anda akan mengerti apa yang dimaksudkan oleh bayi kepada anda.Misalnya tangisan bayi anda,tangisan bayi memiliki arti yang berbeda-beda, jadi cobalah untuk mengerti arti tangisan-tangisan tersebut.Tangisan ingin makan,tangisan ingin tidur,tangisan ketika dia agak merasa panas,tangisan ketika dia ingin buang air dan lainnya.

Dikutip dari buku "segala hal yang ditanyakan bayi"


Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar